PD KMHDI Sumsel Apresiasi kegiatan PERADAH dan WHDI di Mesuji


Cahaya Mas, Sabtu 1 Juli 2018 PERADAH dan WHDI Mesuji dan Mesuji Makmur melaksanakan kegiatan Porseni Peradah dan Utsawa Dharma Gita. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yang bertempat di Pure Desa, Desa Cahaya Mas Mesuji. Kegiatan ini merupakan gabungan dari dua kecamatan yang tergabung dalam zona 3 di kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) setelah zona 1 dan 2 sudah selesai melaksanakan.
Kegiatan porseni dan utsawa dharma gita ini dilakukan berjenjang, setelah dilaksanakan di tingkat kecamatan kemudian akan dilanjutkan di tingkat kabupaten yang akan diwakili oleh masing masing pemenang dari kecamatan se kabupaten OKI. Kegiatan ini mempertandingkan dua kategori lomba, yaitu jasmani dan rohani yang di ikuti oleh 10 desa adat dari dua kecamatan.
Pada sambutannya Ketua WHDI Kabupaten Ogan Komering Ilir, “Putu Kartini, S.E” berpesan kepada seluruh ibu ibu yang hadir pada acara tersebut, bahwa wanita hari ini harus mampu berinovasi dan memberikan kontibusi bagi lingkungannya, peran wanita sangat vital di dalam keluarga selain bias menjadi ibu rumah tangga yang baik, ibu – ibu juga harus cerdas secara intelktual dan spiritual sehingga mampu mendidik anak-anaknya menjadi anak yang suputra, karena 90 persen keiatan di rumah menjadi tugas seorang ibu. Oleh sebab itu, wanita Hindu harus cerdas dan terus berkarya dan bermanfaat bagi masyarakat luas.
Pada acara ini hadir juga ketua DPP PERADAH Sumsel, “Wayan Mustika, S.H, M.Kn” beliau berpesan kepada seluruh kader peradah yang hadir, untuk menjadikan kegiatan Porseni ini sebagai jang simakrame atau silahturahmi sesama anggota peradah di dua kecamatan ini, jangan jadikan hadiah sebagai tujuan yang utama, tapi kebersamaan dan persaudaraan yang harus kita kuatkan. Kader PERADAH juga harus kreatif dan mampu membaca peluang, karena salah satu visi misi Peradah adalah menciptakan wirausaha muda yang unggul, untuk itu kita harus berani berwirausaha sehingga akan mampu membuka lapangan pekerjaan dan penguatan ekonomi keumatan kita, di akhir sambutannya beliau juga berpesan kepada DPK PERDAH OKI untuk menyiapkan kadernya mengikuti Lokasabha dan Mahasabha Peradah.
Sambutan terakhir oleh Ketua PHDI OKI, beliau menyampaikan program PHDI OKI kedepan, yang akan mendirikan Yayasan dan koprasi di kabupaten OKI, yang diharapkan mampu mengurangi beban umat untuk melaksanakan yadnya kususnya upacara ngaben, dengan uang Rp. 500.000,- akan mampu menkaper keperluan ngaben untuk umat dan akan dilaksanakan ngaben masal di kabupaten OKI. Sehingga umat tidak merasa terbebani lagi dengan iuaran dengan jumlah yang tidak sedikit. Program ini akan mulai berjalan pada awal tahun 2019. Diakhiri dengan pemukulan Gong oleh bapak Agung Santoso tanda di di bukanya acara Porseni dan Utsawa dharma gita Zona 3 Mesuji dan Mesuji Makmur.
Pada tempat yang terpisah, Ketua PD KMHDI Sumsel “I Wayan Darmawan” menyampaikan apresiasi kepada PERADAH dan WHDI yang tetap konsisten membangun sumber daya manusia umat Hindu di daerah, dengan kegiatan ini kita harapkan umat hindu akan semakin solid dan mampu bersaing. Harapan kedepan, dengan meningkatnya ekonomi umat, dan mulai aktif melaksanakan kegiatan keagamaan seperti ini umat hindu juga harus memberikan perhatian kepada anak anak yang masih duduk di bangku sekolah, jangan sampai semangat melanjutkan Pendidikan justru berbanding terbalik dengan semangat kita beryadnya, karena semangat kita hari ini akan dilanjutkan oleh anak muda kita kedepan, dengan harapan kualitas sumber daya manusia Hindu terus mngalami peningkatan, dengan cara melanjutkan Pendidikan sampai perguruan tinggi.
Peningkatan kualitas sumber daya manusia, penguatan internal keumatan, peningkatan ekonomi keumatan serta peningkatan semangat melanjutkan Pendidikan di daerah harus mendapat dukungan dari seluruh lembaha keumata, pemerintah serta peran masyarakat yang harus proaktif, sehingga akan selaras antara semangat beryadnya dan upaya peningkatan sumber daya manusia Umat Hindu Indonesia.

Post Author: Wayan Putu Sujadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enter Captcha Here : *

Reload Image